Mengenal Apa Itu Pasar Berjangka

By: First State Futures, PT0 comments

Mengenal apa itu pasar berjangka menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui, khususnya jika Anda ingin terlibat dalam bisnis investasi yang satu ini. Pasar berjangka itu sendiri memiliki nama lain berupa futures market yang mana menjadi sebuah tempat dimana transaksi tersebut berlangsung.  Dari kata pasar ini, Anda juga pasti bertanya-tanya, apa yang diperdagangkan di dalamnya? Jawabannya sebetulnya ada banyak, tapi yang popular adalah berbagai produk yang masuk dalam kategori komoditas, misalnya kopi, jagung, karet, CPO (Crude Palm Oil), dan lain sebagainya.

Mengenal Apa Itu Pasar Berjangka
fsfx.co.id

Dengan kata lain, pasar berjangka merupakan sebuah tempat dimana Anda bisa bertransaksi pada berbagai instrumen komoditas, didukung oleh platform yang sudah disediakan oleh provider.
Lalu bagaimana cara kerjanya?
 

Transaksinya Dilakukan Sesuai Dengan Mekanisme Yang Sudah Ada

Mengenal Apa Itu Pasar Berjangka
fsfx.co.id

Untuk mengenal apa itu pasar berjangka, tentu Anda juga perlu paham dengan mekanisme transaksi yang ada di dalamnya. Dalam hal ini, mekanisme tersebut dilakukan dengan cara melakukan pembelian terhadap kontrak yang sudah tersandarisasi berdasarkan ketentuan dari bursa berjangka itu sendiri.
 

Transaksi Dilakukan Tanpa Memerlukan Transaksi Secara Fisikal

Mengenal Apa Itu Pasar Berjangka
fsfx.co.id

Untuk lebih spesifiknya, dalam transaksi tersebut, tidak dilakukan transaksi secara fisikal. Misalnya Anda hendak membeli produk yang disebutkan dalam penjelasan di atas, yakni produk komoditas. Maka Anda tidak benar-benar akan melihat produk tersebut langsung di depan anda. Melainkan, transaksi tersebut dilakukan dengan cara membeli kontrak yang disediakan sampai jatuh tempo yang sudah ditentukan.
Siapa bilang trading itu susah? Selama Anda disiplin dalam menerapkan Trading Plan dan Money Management, semua akan bisa teratasi. Mau berkonsultasi tentang sistem trading yang teruji bersama ahlinya? Gampang, silahkan mengisi forum konsultasi berikut ini.
 

Contohnya Seperti Apa?

Mengenal Apa Itu Pasar Berjangka
fsfx.co.id

Mungkin Anda sedikit bingung dengan penjelasan topik mengenal apa itu pasar berjangka di atas, maka berikut akan diberikan contohnya. Misalnya ada seorang petani karet yang ingin menjual karetnya di perusahaan yang sudah ditentukan. Akan tetapi, dia mencemaskan terjadinya penurunan harga yang signifikan pada 3 bulan ke depan. Solusinya, dia kemudian membeli kontrak futures yang mematok harga karet di titik yang diinginkannya.
Dengan adanya kontrak futures inilah, dia kelak akan bisa menjual produk di titik harga yang diinginkan, tanpa perlu khawatir akan terjadi penurunan harga. Petani tetap akan bisa menjual karet tersebut di harga minimal sesuai dengan yang diinginkan.
 

Lalu Bagaimana Jika Harga Komoditas Naik?

Mengenal Apa Itu Pasar Berjangka
fsfx.co.id

Tak perlu cemas, karena petani karet tersebut bisa menjual karetnya dengan harga yang lebih tinggi. Dengan kata lain, kontrak futures yang sudah dipegang itu pun juga akan diabaikan. Jadi fungsi dari kontrak berjangka itu sendiri adalah sebagai sarana untuk asuransi. Memang awalnya cukup membingungkan. Tapi seiring berjalannya waktu, mereka yang sudah terjun pada pasar berjangka ini akan paham dengan sendirinya peran penting yang ada di dalamnya.
 

Siapa Saja Yang Bisa Bergabung Di Pasar Berjangka?

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah siapa saja yang bisa bergabung di pasar berjangka? Jawabannya tentu saja adalah semua orang bisa bergabung. Tinggal melakukan pendaftaran saja di broker yang menjadi penengah di dalamnya. Pastikan untuk memilih broker yang tepat dan sudah teregulasi oleh BAPPEBTI atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi.
Bagaimana, ternyata mengenal apa itu pasar berjangka tidak sulit, bukan?
Yakin broker yang Anda gunakan sudah aman? First State Futures merupakan perusahaan pialang berjangka yang aman dan terpercaya. Selain mendapatkan ijin usaha dari BAPPEBTI, di sini Anda akan menemukan pelayanan terbaik, serta pilihan nomor satu untuk perencanaan keuangan anda.
Baca Juga: Apa Saja Komoditas Yang Menjadi Subjek Kontrak Berjangka?

Related post

Leave A Comment